Paticcasamuppada
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bagian dari serial tentang Agama Buddha |
|
Sejarah Garis waktu Konsili-konsili Buddhis |
|
Konsep ajaran agama Buddha Empat Kesunyataan Mulia Delapan Jalan Utama Pancasila · Tuhan Nirvana · Tri Ratna |
|
Ajaran inti Tiga Corak Umum Samsara · Kelahiran kembali · Sunyata Paticcasamuppada · Karma |
|
Tokoh penting Siddharta Gautama Siswa Utama · Keluarga |
|
Tingkat-tingkat Pencerahan Buddha · Bodhisattva Empat Tingkat Pencerahan Meditasi |
|
Wilayah agama Buddha Asia Tenggara · Asia Timur Tibet · India dan Asia Tengah Indonesia · Barat |
|
Sekte-sekte agama Buddha Theravada · Mahayana Vajrayana · Sekte Awal |
|
Kitab Suci Sutta · Vinaya · Abhidhamma |
|
Portal Buddhisme |
|
Ajaran ini menyatakan adanya sebab-musabab yang terjadi dalam kehidupan semua mahluk, khususnya manusia. Dengan menganalisa dan merenungkan Paticca Samuppada inilah, Siddhartha Gautama (yang pada saat itu masih menjadi Petapa) akhirnya mencapai Penerangan Sempurna menjadi Buddha.[1]
“ | Ia yang melihat Paticcasamuppada, juga melihat Dhamma. Ia yang melihat Dhamma, juga melihat Paticcasamuppada.
|
” |
— Maha-hatthipadopama Sutta: Majjhima Nikaya 28
|
Daftar isi
Pengertian dasar
Pemahaman akan Paticcasamuppada yang sederhana adalah:“ | Dengan adanya ini, maka terjadilah itu. Dengan timbulnya ini, maka timbullah itu. Dengan tidak adanya ini, maka tidak adalah itu. Dengan terhentinya ini, maka terhentilah itu.
|
” |
— Assutava Sutta: Uninstructed (SN 12.61)[2]
|
Penerapan
Penerapan akan Paticcasamuppada terdiri dari dua bagian, satu bagian mengenai pengertian akan Dukkha, dan bagian lain mengenai kelahiran kembali.Pengertian akan Dukkha
Pengertian paticcasamuppada mengenai penderitaan Dukkha dikenal dengan sebutan Empat Kesunyataan Mulia:- Dukkha: Pengertian akan penderitaan (Dukkha).
- Samudaya: Asal-muasal penderitaan (Dukkha).
- Nirodha: Lenyapnya penderitaan (Dukkha).
- Magga: Jalan menuju lenyapnya penderitaan (Dukkha) atau yang disebut dengan Jalan Mulia Berunsur Delapan.
Dua belas Nidana
12 (dua belas) Sebab-musabab (Nidana) yang ada dalam setiap mahluk, khususnya manusia dapat dikategorikan sebagai berikut:
Kehidupan lampau
|
Kehidupan sekarang
|
Kehidupan yang akan datang
|
“ | ..... Demikianlah penyebab dari seluruh kesusahan dan penderitaan. | ” |
— Paticca-samuppada-vibhanga Sutta; Samyutta Nikaya 12.2 (S 2.1)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar