Benam diri dalam khutbah perdana Buddha Gautama
“Guru Agung memberikan jalan kepada manusia untuk memadamkan hawa nafsu yang berkobar.
Kita boleh punya keinginan tetapi yang berdasarkan kearifan…
agar tidak berkobar menjadi hawa nafsu.”
Kita boleh punya keinginan tetapi yang berdasarkan kearifan…
agar tidak berkobar menjadi hawa nafsu.”
Minggu, 29 Juli 2012 04:00 WIB | M. Hari Atmoko
Seorang di antara ratusan biksu beranjak dari tempatnya bersila di
samping kiri altar besar di barat Candi Mendut. Ia lalu berjalan
perlahan dan berhenti sejenak tepat di depan patung Sang Buddha Gautama.
Biksu tua berumur 59 tahun itu, Sri Pannavaro Mahathera, mengatupkan
kedua tangan di depan dadanya lalu membungkuk sebagai tanda hormat
kepada Guru Agung Sang Buddha Gautama yang dilambangkan dalam bentuk
patung berwarna kuning keemasan di tengah altar berhiaskan rangkaian
bunga-bunga, 10 lilin aneka warna, dan lima penjor dari janur berwarna
kuning.
Suasana takzim seakan telah meresap di sanubari ribuan umat Buddha
berasal dari sejumlah tempat di Indonesia dan beberapa lainnya dari luar
negeri seperti India, Belanda, dan Prancis yang berkumpul dengan
bersila di atas karpet merah di depan tiga altar besar di sisi bagian
barat, selatan, dan timur Candi Mendut.
Hari memang sudah petang dengan bulan berbentuk separo berhiaskan
perarakan perlahan awan di langit Candi Mendut mengikuti sapuan irama
angin. Ratusan lampion aneka warna menghias pagar yang mengelilingi
pelataran Mendut.
Bante Pannavaro yang juga Ketua Sangga Theravada Indonesia itu naik
ke kursi warna merah nan tampak gagah bagaikan singgasana di depan
bagian kanan dari patung Sang Buddha Gautama. Kedua kakinya dilipat. Ia
yang puluhan tahun lalu merintis perayaan Waisak di Candi Borobudur,
Mendut, dan Pawon itu duduk bertimpuh dengan ribuan umat di hadapannya.
Satu lipatan kain warna kuning khas biksu Sangga Theravada yang
dikenakan, dirapikannya dengan diletakkan di antara kedua lutut, lalu
tangannya membetulkan bagian lain kain itu yang menyampir di pundak
kanannya.
Kedua tanggannya kembali dikatupkan di depan dada, lalu ia pejamkan
kedua mata, dan terlihat seakan ia mengatur pernapasan selama beberapa
saat, sebelum ia memulai mendaraskan kata-kata bernas melalui khutbah
Hari Asadha.
Suasana terasakan makin dalam balutan hening dibangun seluruh umat
Buddha yang sedang merayakan Hari Asadha di pelataran Candi Mendut,
Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar tiga kilometer timur Candi
Borobudur, Sabtu (28/7).
Perayaan Asadha 2556 Era Buddhis atau 2012 Masehi oleh umat Buddha
untuk memperingati saat Sang Buddha membabarkan pertama kali dhamma atau
yang sering disebut dengan Pemuataran Roda Dhamma, kepada lima pertapa
yakni Kondanna, Assaji, Bhadiya, Vappa, dan Mahanama di Taman Rusa
Isipatana, dekat Benares, India.
Asadha atau juga disebut Asalha berasal dari nama bulan keempat dalam
penanggalan lunisolar (kalender yang disesuaikan dengan pergerakan
bulan dan matahari), masa India kuno atau jatuh antara Juli-Agustus
dalam penanggalan Masehi. Perayaan Asadha 2556 bertepatan dengan 2600
tahun pembabaran pertama kali tentang dhamma oleh Sang Buddha.
Kata “dhamma” berasal dari bahasa Pali, sedangkan dalam bahasa
Sansekerta “dharma” yang artinya hukum atau ajaran dalam agama Buddha.
Bante Pannavaro menyebutkan bahwa pembabaran perdana dhamma oleh
Sidharta Gautama pada 26 abad lalu itu sebagai waktu kelahiran agama
Buddha.
Rangkaian perayaan Asadha 2556 oleh umat Buddha Indonesia antara lain
ditandai dengan puja bakti berupa penghormatan terhadap relik Sang
Buddha di Candi Pawon sekitar satu kilometer timur Candi Borobudur.
Selain itu, ribuan umat dengan masing-masing membawa bunga sedap malam
bersama sekitar 170 biksu, samanera (calon biksu), dan atasilani (kaum
perempuan pertapa) melanjutkan rangkaian perayaan itu dengan prosesi
jalan kaki dari Candi Pawon menuju Candi Mendut.
Para biksu dengan iringan musik rohani buddhis kemudian berpradaksina
atau berjalan mengelilingi pelataran Candi Mendut melewati tiga altar
dan ribuan umat yang duduk bersila di depan masing-masing altar,
sedangkan sejumlah biksu lainnya memasuki candi itu untuk membacakan
paritta.
Mereka kemudian melanjutkan prosesi puja bakti selama beberapa saat
berupa pembacaan doa yang dipimpin oleh Romo Pandita Sugiyanto di
pelataran Candi Mendut.
“Terpujilah Sang Bagava, yang telah mencapai penerangan sempurna.
Kami berlindung kepada Sang Bagava, Sang Bagava Guru Agung kami. Saat
ini kami berkumpul di sini. Pada hari purnama di Bulan Asadha, untuk
memperingati terputarnya roda dhamma. Muncul himpunan sinar mulia,
lengkap dengan tirta. Dengan tangan sendiri kami lakukan persembahan
antara lain pelita, dupa, bunga, dan benang kebajikan nyata Sang Bagava.
Kami lakukan puja pada candi dengan persembahan sebagaimana kami
haturkan kepada Sang Bagava yang telah lama pariwibana, yang tampak
melalui sifat-sifat kebajikan. Puja kami demi kesejahteraan dan
kebahagiaan kami semua, untuk selama-lamanya,” demikian penggalan doa
puja bakti itu yang dipimpin Pandita Sugiyanto dan dilafalkan secara
bersama-sama oleh umat Buddha.
Beberapa biksu secara bergantian kemudian memimpin pengucapan doa-doa
yang ditirukan secara takzim oleh seluruh umat di pelataran Candi
Mendut itu.
Pada kesempatan itu, dua pemudi dan seorang pemuda Buddhis membacakan
kisah tentang pembabaran perdana ajaran Sang Buddha. Ajaran itu antara
lain tentang delapan jalan untuk membuka batin manusia yakni pandangan
benar, pikiran benar, ucapan benar, perbuatan benar, pencaharian benar,
daya upaya benar, perhatian benar, dan konsentrasi benar.
Selain itu, pembabaran menyangkut penderitaan yang dialami manusia,
penyebab penderitaan itu, dan jalan yang harus ditempuh manusia untuk
melepaskan diri dari penderitaan tersebut.
“Malam ini ibu, bapak, saudara-saudara, para biksu, samanera,
atasilani, padita, ribuan umat Buddha duduk dengan hening, merenungkan
dan mengagungkan kembali, seolah-olah ingatan kita pada 2600 tahun lalu,
saat bulan purnama di Bulan Asadha, di kesunyian Taman Kijang
Isipatana, Guru Agung membabarkan dhamma,” kata Bante Pannavaro saat
berkhutbah dengan tampak kharismatis itu.
Ketika pembabaran pertama dhamma oleh Sang Buddha, katanya, 10 ribu
tata surya bergetar dan berguncang, laksana alam pikiran manusia waktu
itu dan mungkin saat ini juga bergetar dan berguncang memperingati Hari
Asadha.
Ia menjelaskan, penderitaan manusia bukan datang dari luar dirinya,
bukan pula suatu hukuman, akan tetapi konsekuensi atau akibat perbuatan
manusia yang tidak baik. Penderitaan manusia bersumber persis di dalam
dan dari dalam diri manusia sendiri.
“Sebab penderitaan itu karena maksud dan keinginan yang tidak
terkendali, yang berkobar. Keinginan, hawa nafsu berkobar mendapat
pemenuhan itu menjadi kelekatan yang sulit dilepaskan. Keinginan yang
terpenuhi akan menuntut kembali lebih hebat. Kita kejar untuk dipenuhi
kembali. Kita rasakan bahagia sebentar. Keinginan yang terpenuhi, bukan
itu kebahagiaan. Ya itu kebahagiaan tetapi sepintas,” katanya.
Guru Agung Buddha Gautama, katanya, mengajarkan bahwa kebahagiaan
terjadi apabila api hawa nafsu yang berkobar itu menjadi padam atau
setidaknya mengecil. Saat itulah manusia merasakan ketenteraman.
“Memenuhi hawa nafsu tidak ada akhirnya, hawa nafsu mengakibatkan
penderitaan. Tetapi mengecilkan dan bahkan memadamkan hawa nafsu memberi
ketenteraman. Keserakahan yang berkurang, iri hati yang berkurang,
dendam yang berkurang, benci yang berkurang, sudah memberi kebahagiaan,”
katanya dalam khutbah dengan suara perlahan, irama teratur, dan bernada
“berat”.
Ia mengemukakan tentang pentingnya pemanfaatkan kedudukan atau
kekuasaan secara baik dan materi secara tepat untuk banyak orang. Selain
itu, sikap jujur dan tidak korupsi harus dilakukan mereka agar
terbangun hidup yang damai, karena kedudukan dan materi bukan penjamin
kebahagiaan.
Orang bijaksana, katanya, menyadari bahwa hawa nafsu yang
berkobar-kobar itu harus diredam atau setidaknya dikecilkan agar
tergapai kehidupan yang tenteram dan damai itu. Hawa nafsu yang diumbar
akan mendatangkan kehancuran hidup baik pribadi, masyarakat, lingkungan,
maupun peradaban.
Guru Agung meminta umat untuk bertanggungjawab atas kehidupannya
sendiri karena hidup bukan misteri, sedangkan apa yang dialami manusia
sebagai akibat dari perbuatan manusia itu sendiri.
“Guru Agung memberikan jalan kepada manusia untuk memadamkan hawa
nafsu yang berkobar. Kita boleh punya keinginan tetapi yang berdasarkan
kearifan, harus selektif dengan keinginan agar tidak berkobar menjadi
hawa nafsu,” katanya.
Ia menjelaskan, upaya memadamkan kobaran hawa nafsu itu melalui
pengendalian diri, berpuasa. Ajaran mengendalikan diri juga berlaku di
semua agama. Ajaran itu membuat hidup manusia menjadi damai dan harmoni
baik dalam keluarga, masyarakat, bangsa, maupun negara.
Perbaikan atas regulasi atau undang-undang, katanya, tidaklah sebagai
hal yang cukup untuk kehidupan bersama, akan tetapi upaya itu harus
disertai dengan penegakan pengendalian diri setiap orang.
“Lingkungan memberi pengaruh, masyarakat memberi pengaruh kepada
kita, dan sebaliknya perilaku kita berpengaruh kepada orang lain,
masyarakat, dan lingkungan,” katanya saat khutbah renungan Hari Asadha
itu.
Selain itu, katanya, Guru Agung juga mengajarkan pentingnya meditasi
sebagai jalan untuk membersihkan pikiran dari berbagai ikhwal yang buruk
karena pikiran buruk menjadi akar kekotoran batin.
Ia menjelaskan, jalan meditasi bukan semata-mata untuk manusia
mencari ketenangan, melainkan membangun kesadaran dan menguatkan
manusia, serta menjadikan manusia makin awas atas pikirannya.
“Pengendalian diri tidak cukup tanpa meditasi. Meditasi mencabut
kekotoran batin dan membersihkan pikiran. Pikiran yang bersih
membebaskan manusia dari penderitaan. Dengan pikiran yang bersih,
manusia dapat menjaga diri, menjaga keluarga, dan menjaga masyarakat.
Dan semoga semua makhluk berbahagia,” katanya.
Renungan Hari Asadha di pelataran Candi Mendut oleh sang biksu senior
tersebut, seakan begitu terasa membenamkan ajaran dhamma Buddha Gautama
kepada batin terdalam setiap umat. (M029)
Editor: B Kunto Wibisono
Sumber :
http://www.antaranews.com/berita/324238/benam-diri-dalam-khutbah-perdana-buddha-gautama
Sri Pannyavaro Mahathera :
Pada perayaan Asadha Agung di Candi Mendut, 28 Juli 2012:
Pada perayaan Asadha Agung di Candi Mendut, 28 Juli 2012:
Asadha tahun 2556TB ini adalah genap 2600 tahun pencerahan sempurna Guru Buddha.
26 Abad usia Dhamma
26 Abad usia sangha
26 Abad usia Dhamma
26 Abad usia sangha
Apakah yang di sampaikan Guru Agung kita 2600th yang lalu ?
Guru agung menjelaskan sesuatu yang berbeda dgn yang pernah di dengar manusia pada waktu itu.
Guru Agung menyampaikan
“Hidup ini adalah penderitaan”
“Penderitaaan bersumber dari diri sendiri”
“Penderitaan bukan dari luar…
Bukan hukuman…
Tetapi konsekuensi atas suatu aksi..
“Hidup ini adalah penderitaan”
“Penderitaaan bersumber dari diri sendiri”
“Penderitaan bukan dari luar…
Bukan hukuman…
Tetapi konsekuensi atas suatu aksi..
Dan kita sendirilah yang harus mengatasi itu.
Tidak bisa mengandalkan bantuan dari Luar.
Tidak bisa mengandalkan bantuan dari Luar.
Penderitaan disebabkan Nafsu Keinginan (Tanha) yang berkembang menjadi kemelekatan (upadana).
Keinginan yg berkobar-kobar
yang selalu mendapat pemenuhan
yang kemudian menjadi kebiasaan
dan inilah sumber penderitaaan…
yang selalu mendapat pemenuhan
yang kemudian menjadi kebiasaan
dan inilah sumber penderitaaan…
Keinginan / harapan / tuntutan yang terpenuhi bukankah kebahagiaan ?
Ya tetapi sepintas…
Ya tetapi sepintas…
Karena…..
Keinginan yg terpenuhi itu akan menuntut kembali dengan keinginan yang baru
Dan kita hanya merasakan bahagia sebentar….
Keinginan yg terpenuhi itu akan menuntut kembali dengan keinginan yang baru
Dan kita hanya merasakan bahagia sebentar….
“Kebahagiaan” yang sesungguhnya adalah bukan karena nafsu yang terpenuhi…
justru karena nafsu yang padam..
Itulah “kebahagiaan” yang sesungguhnya !
justru karena nafsu yang padam..
Itulah “kebahagiaan” yang sesungguhnya !
Walaupun belum bisa memadamkan nafsu keinginan namun dengan hanya
mengecilkan / mengurangi nafsu keinginan akan membawa pada ketentraman.
Walaupun kobaran hawa nafsu belum padam….
tetapi hanya mengecil itupun akan memberikan kebahagiaan
tetapi hanya mengecil itupun akan memberikan kebahagiaan
Untuk terpuaskannya nafsu keinginan
Sekalipun terjadi Hujan Emas
Mendapatkan hal seperti itupun
Hawa nafsu tidak akan padam.
Sekalipun terjadi Hujan Emas
Mendapatkan hal seperti itupun
Hawa nafsu tidak akan padam.
Penderitaan juga di buat sendiri
karena adanya kobaran api kebencian…
karena adanya kobaran api kebencian…
Pada bulan Asadha 2600th yang lalu Guru kita memberikan “JALAN” untuk memadamkan keserakahan dan kebencian
Jika tidak selektif dengan keinginan
Maka itu akan menjadi kobaran nafsu
Dan itulah penyebab penderitaan.
KEINGINAN adalah PENYEBAB penderitaan…
Maka itu akan menjadi kobaran nafsu
Dan itulah penyebab penderitaan.
KEINGINAN adalah PENYEBAB penderitaan…
Dengan pengendalian diri, berarti tidak menghancurkan diri sendiri dan juga orang lain.
Mengendalian hawa nafsu diri sendiri,
berpuasa dari kenikmatan duniawi
karena mengumbar hawa nafsu
itulah yang menghancurkan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
Mengendalian hawa nafsu diri sendiri,
berpuasa dari kenikmatan duniawi
karena mengumbar hawa nafsu
itulah yang menghancurkan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
Tidak mungkin meningkatkan kualitas diri tanpa pengendalian diri
Orang yang mengendalikan diri berarti ikut melindungi diri sendiri dan juga melindungi orang lain.
Pikiran yang bersih adalah berarti berakhirnya penderitaan.
Akar dari perbuatan buruk datang dari pikiran…
Membersihkan pikiran tidak bisa hanya dengan melaksanakan Sila
tetapi harus dengan Meditasi
Membersihkan pikiran tidak bisa hanya dengan melaksanakan Sila
tetapi harus dengan Meditasi
Meditasi bukan mencari ketenangan tetapi mengawasi pikiran kita
Meditasilah yang mencabut akar kejahatan bukan hanya dengan mengendalikan diri.
Meditasilah yang mencabut akar kejahatan bukan hanya dengan mengendalikan diri.
Kearifan akan tumbuh sebagai hasil dari meditasi yg bisa mencabut akar penderitaan.
Kearifan secara intelektual saja tidak dapat mencabut akar penderitaan
Mencabut akar penderitaan hanya bisa dilakukan oleh Kearifan yang tumbuh dari hasil MEDITASI
Kearifan secara intelektual saja tidak dapat mencabut akar penderitaan
Mencabut akar penderitaan hanya bisa dilakukan oleh Kearifan yang tumbuh dari hasil MEDITASI
Kiriman Yayang Vijjadharo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar