Sabtu, 08 Oktober 2016

Tuhan dalam agama Buddha

Tuhan dalam agama Buddha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Buddha bukanlah "Tuhan Yang Maha Kuasa" bagi pengikut ajaran agama Buddha.
Bagian dari serial tentang
Agama Buddha

Dharma Wheel.svg
Sejarah
Garis waktu
Konsili-konsili Buddhis
Konsep ajaran agama Buddha
Empat Kesunyataan Mulia
Delapan Jalan Utama
Pancasila · Tuhan
Nirvana · Tri Ratna
Ajaran inti
Tiga Corak Umum
Samsara · Kelahiran kembali · Sunyata
Paticcasamuppada · Karma
Tokoh penting
Siddharta Gautama
Siswa Utama · Keluarga
Tingkat-tingkat Pencerahan
Buddha · Bodhisattva
Empat Tingkat Pencerahan
Meditasi
Wilayah agama Buddha
Asia Tenggara · Asia Timur
Tibet · India dan Asia Tengah
Indonesia · Barat
Sekte-sekte agama Buddha
Theravada · Mahayana
Vajrayana · Sekte Awal
Kitab Suci
Sutta · Vinaya · Abhidhamma
Portal Buddhisme
Buddha Gautama menolak untuk mengungkapkan banyak pandangan tentang penciptaan [1] dan menyatakan bahwa pertanyaan tentang asal usul dunia adalah gangguan dan tidak relevan.[2][3] The ketidakpatuhan[4]dengan gagasan tentang mahakuasa pencipta dewa atau prime mover dipandang oleh banyak orang sebagai perbedaan utama antara Buddhisme dan agama-agama lain. Namun, Samaññaphala Sutta ditempatkan materialisme dan amoralism bersama dengan eternalisme sebagai bentuk pandangan salah.
Sebaliknya, Buddhisme menekankan sistem hubungan kausal yang mendasari alam semesta ( pratitya samutpada) yang merupakan tatanan alam ( dharma) dan sumber pencerahan. Tidak ada ketergantungan pada realitas fenomena supranatural ditegaskan untuk menjelaskan perilaku materi. Menurut ajaran Buddha manusia harus mempelajari Alam ( dhamma vicaya) untuk mencapai kebijaksanaan pribadi ( prajna) tentang sifat hal ( dharma). Dalam Buddhisme satu-satunya tujuan latihan spiritual adalah pengentasan lengkap stres di samsara,[5][6]yang disebut nirwana.
Beberapa guru memberitahu siswa awal Buddha meditasi bahwa gagasan ketuhanan tidak bertentangan dengan agama Buddha,[7]dan setidaknya satu sarjana Buddhis telah menunjukkan bahwa menggambarkan Buddhisme sebagai 'non-teistik' mungkin terlalu sederhana;[8]tetapi beberapa keyakinan theist tradisional dianggap menimbulkan penghalang bagi pencapaian nirwana,[9]tujuan tertinggi dari ajaran Buddha.[10]
Meskipun demikian, umat Buddha menganggap menghormati orang-orang tercerahkan yang sangat penting[11][12]. Dua tradisi besar Buddha berbeda dalam sikap hormat mereka. Sementara Theravada Buddhis melihat Buddha sebagai manusia yang mencapai nirwana atau Buddha, melalui upaya manusia,[13] Buddha Mahayana menganggap dia sebagai menggabungkan esensi kesatuan kosmik alam semesta, yang disebut Dharmakaya, dan dilahirkan kembali untuk kepentingan orang lain.[14].
Umat ​​Buddha menerima keberadaan makhluk hidup di alam yang lebih tinggi (lihat kosmologi Buddhis), yang dikenal sebagai dewa, tetapi mereka, seperti manusia, yang dikatakan menderita di samsara,[15] dan belum tentu lebih bijaksana dari kita. Bahkan Buddha sering digambarkan sebagai guru dari beberapa dewa,,[16] dan lebih unggul dari mereka.[17].Meskipun dewa, seperti semua makhluk hidup lainnya, mungkin menjadi Bodhisattwa tercerahkan dan mencapai kesucian[18].
Ibadah umat Buddha dan fokus pada hukum spiritual alam semesta untuk mencapai pencerahan. Dharmakaya (mana-mana buddha alam) kadang-kadang direpresentasikan sebagai Buddha abadi dan dipandang sebagai kekuatan universal pemersatu.[19][20][21].

Daftar isi

Pemikiran sebagai "Sang Pencipta"

Sebagai sarjana Surian Yee menjelaskan, "sikap Buddha seperti yang digambarkan dalam Nikaya s lebih anti-spekulatif daripada khusus ateistik".[22]
Sebagai Hayes menjelaskan itu, "Dalam literatur Nikaya, pertanyaan tentang eksistensi Tuhan diperlakukan terutama baik dari sudut pandang epistemologis pandang atau sudut pandang moral. Sebagai masalah epistemologi, pertanyaan tentang jumlah keberadaan dewa untuk diskusi tidaknya seorang pencari agama bisa yakin bahwa ada terbesar baik dan dengan demikian upaya untuk mewujudkan kebaikan terbesar tidak akan menjadi sia-sia perjuangan menuju tujuan yang tidak realistis. dan sebagai masalah dalam moralitas, jumlah pertanyaan untuk diskusi apakah manusia itu sendiri akhirnya bertanggung jawab untuk semua ketidaksenangan bahwa ia merasa atau apakah ada ada sesuatu yang lebih tinggi yang menimbulkan ketidaksenangan atas manusia apakah dia layak atau tidak ... Buddha Gotama digambarkan bukan sebagai seorang ateis yang mengaku dapat membuktikan ketiadaan Tuhan, melainkan sebagai skeptis terhadap klaim guru lain untuk dapat memimpin murid-murid mereka untuk kebaikan tertinggi."[23]
Mengutip Devadaha Sutta ('Majjhima Nikaya 101), Hayes menyatakan bahwa "sementara pembaca yang tersisa untuk menyimpulkan bahwa itu adalah keterikatan dan bukan Tuhan, tindakan dalam kehidupan masa lalu, nasib, jenis kelahiran atau upaya dalam kehidupan ini yang bertanggung jawab untuk pengalaman kami kesedihan, ada argumen yang sistematis diberikan dalam upaya untuk menyangkal keberadaan Tuhan.[24]
Dalam Pali Canon Buddha mengatakan bahwa Vasettha Tathagata (Buddha) adalah Dharmakaya, para 'Kebenaran-tubuh' atau 'Perwujudan Kebenaran', serta Dharmabhuta, 'kebenaran menjadi ',' One yang telah menjadi kebenaran [25][26]
Buddha ini terkait dengan dharma:
dan Buddha kenyamanan dia, "Cukup, Vakkali Mengapa Anda ingin melihat tubuh ini kotor Siapapun yang melihat Dhamma melihat saya;.?. siapapun yang melihatku melihat Dhamma"[27]
Putikaya, yang "membusuk" tubuh, dibedakan dari kekal Dhamma buddha tubuh dan Bodhisattwa tubuh.
sementara satu titik akademik Aggañña Sutta sebagai parodi dari kepercayaan Hindu Budha, sebagian besar sejarawan tidak setuju dengan hal itu, menunjukkan konvergensi doktrin Buddha dan mengingat teks proto-Mahayana.[28][29] [30]
Dalam Aggañña Sutta Buddha menyarankan Vasettha bahwa siapa pun yang memiliki kuat, berakar mendalam, dan mendirikan kepercayaan di Tathagata, ia dapat menyatakan bahwa dia adalah anak dari Bhagawan, lahir dari mulut Dhamma, dibuat dari Dhamma, dan pewaris Dhamma . Karena judul dari Tathagata adalah: Tubuh Dhamma, Tubuh Brahma, Manifestasi Dhamma, dan Manifestasi Brahma.[31][32]}}
Meskipun Buddha menyangkal dia adalah dewa tertinggi, makhluk sepenuhnya tercerahkan dianggap sebagai salah satu dharma ilahi.

Tuhan sebagai perwujudan pikiran

Salah satu Sutra Mahayana, Sutra Lankavatara, mengatakan konsep tuhan berdaulat pribadi, atau Atman berasal dari pikiran dan dapat menjadi penghalang untuk kesempurnaan karena dapat membuat kita untuk mengabaikan kausalitas:
"Semua konsep seperti sebab, pelanjutan, atom, unsur-unsur dasar, yang membuat kepribadian, jiwa pribadi, roh sakti, Tuhan yang berdaulat, pencipta, adalah imajinasi belaka dan perwujudan dari pemikiran manusia".
Buddhisme menganggap bahwa tatahagata adalah apect tercerahkan bahwa antar-menghubungkan dan menyatukan segala sesuatu di alam semesta, termasuk pikiran dan manifestasi karma lainnya seperti masalah beton. Pikiran dibandingkan dengan pencipta terus menerus manifestasi karma individu. Namun, dalam Buddhisme, tidak ada substrat suci ilahi mirip dengan hindu brahman, karena dalam Buddhisme semuanya jaring saling bergantung causar tanpa penyebab tunggal. Penciptaan dianggap dalam gerakan terus menerus dan tanpa awal atau akhir:
"Tidak, Mahamati, doktrin Tathágata dari rahim ke-Tathágata-an tidaklah sama dengan filosofi Atman".
Terlebih lagi, sutra yang sama juga menanggap Buddha menungkapkan bahwa dia adalah "Seorang Yang Tidak Dikenal", yang sebenarnya diungkapkan ketika semua manusia memproyeksikan konsep dari keTuhanan kemudian bercakap-cakap dengan dewa oleh pemikiran mereka yang belum terbangun. Buddha berkata bahwa begitu banyak nama untuk keberadaan yang paling hebat atau kebenaran pada kenyataannya merupakan kesalahan. Dia menyatakan:
  • Kasus yang sama boleh dinyatakan kepada aku ketika aku hadir dalam dunia kesabaran di hadapan orang-orang yang bodoh dan dimana aku dikenal dengan sejuta nama-nama yang tak terhitung.
  • Mereka memanggil aku dengan nama-nama yang berbeda tidak menyadari itu semua merupakan nama-nama dari satu Tathagatagarbha.
  • Beberapa mengenal saya sebagai matahari, sebagai bulan; beberapa sebagai hasil reinkarnasi dari orang-orang bijak; beberapa sebagai "10 kekuatan"; beberapa sebagai Rama, beberapa sebagai Indra, dan beberapa sebagai Baruna. ada pula yang memanggil saya sebagai "Yang Tak Terlahirkan", sebagai "Kehampaan", sebagai "Apa adanya", sebagai "Kebenaran", sebagai "Kenyataan", sebagai "Prinsip Terakhir"; masih ada juga yang memanggil saya sebagai Dharmakaya, sebagai Nirwana, sebagai "Yang Abadi"; beberapa ada yang menyebutkan saya sebagai kesatuan, sebagai "Yang tidak ada duanya", sebagai "Yang tidak akan mati", sebagai "Yang tak berbentuk"; beberapa menganggap saya sebagai doktrin atau penyebab Buddha, atau sebagai emansipasi, atau sebagai Jalan Kemuliaan; beberapa juga menganggap saya sebagai pemikiran yang mulia dan kebijaksanaan yang mulia.
  • Demikian dalam dunia ini dan dalam dunia lain, aku dikenal dengan nama-nama yang tak terhitung jumlahnya, tapi mereka melihat aku seperti bayangan bulan di air. Walaupun mereka menghormati, memuji dan menyembah aku, mereka tidak mengerti sepenuhnya arti dan akibat dari kata-kata yang mereka ucapkan; tanpa mengerti kenyataan diri dari kebenaran, mereka bergantung kepada kata-kata dari buku peraturan mereka, atau dari apa yang mereka dengar, atau apa dari yang mereka bayangkan, dan gagal untuk mengetahui bahwa nama yang mereka pakai tidak lain adalah satu nama dari sekian banyak nama Tathagatagarbha.
  • Dari penelitian mereka, mereka mengikuti kata-kata hampa dari teks dengan sia-sia tanpa mengerti arti sebenarnya, bukannya berusaha untuk memiliki kepercayaan dalam "teks", dimana kenyataan yang mengkonfirmasikan diri sendiri mengungkapkan dirinya yaitu memiliki kepercayaan diri dalam perwujudan kebijaksanaan yang mulia.
Dalam sutra bagian Sagathakam (yang berisi peryataan yang berkebalikan dengan bab-bab sebelumnya), juga menyebutkan kenyataan dari diri yang murni (atman), yang (tidak sama dengan atman dalam agama Hindu) disamakan dengan Tathagatagarbha (Intisari-Buddha):
Tathagatagarbha terletak di dalam Sutra Lankavatara yang dikenal sebagai akar dari kesadaran penuh semua makhluk hidup, yaitu Alaya-vijnana. Tathagatagarbha-Alayavijnana ini dinyatakan tidak dapat dispekulasikan, tetapi dapat dimengerti secara langsung dengan
Matrix Buddha yang mengandung segala (Tathagatagarbha) atau basis dari kesadaran universal (Alayavijnana) memiliki hubungan dengan konsep kemuliaan yang menaruh Alayavijnana sebagai kenyataan di belakang dan dalam semua makhluk hidup. "Diri" ini terletak di dalam naskah Buddha Mahayana dan tantra-tantra yang disamakan dengan asal, unsur dasar dari Buddha kosmik yang mengandung segalanya (dianggap sebagai Samantabhadra atau Mahavairochana). "Tuhan" dalam konteks tersebut kemudian dimengerti sebagai makhluk mental spiritual mana-mana, baik dan kekal.

Tathagatagarbha, Dharmakaya dan Abadi buddha

Buddhisme Mahayana, seperti Theravada, berbicara tentang pikiran menggunakan istilah-istilah seperti " rahim Jadi-datang One" ( tathagatagarbha). Penegasan kekosongan oleh terminologi positif secara radikal berbeda dari doktrin Buddhis awal Anatta dan penolakan untuk menyatakan setiap Realitas Tertinggi.
Dalam tradisi tathagatagarbha, Buddha pada kesempatan diidentifikasi dengan Dharmakaya, Realitas Tertinggi, yang memiliki sifat-sifat dewa-seperti keabadian, sifat gaib dan kekekalan. Dalam monografi pada doktrin tathagatagarbha sebagaimana dirumuskan dalam satu-satunya kuno analisis commentarial India doktrin yang masih ada - yang' Uttaratantra - Profesor CD Sebastian menulis tentang bagaimana 'divinised' Buddha diberikan ibadah dan ditandai dengan cinta kasih, yang menjadi nyata di dunia dalam bentuk kegiatan penyelamatan untuk membebaskan makhluk dari penderitaan. Sebastian menekankan, bagaimanapun, bahwa Buddha demikian dipahami, meskipun dianggap layak disembah, tidak pernah dipandang sebagai sinonim untuk Pencipta dewa:
"Buddhisme Mahayana tidak hanya intelektual, tetapi juga kesalehan ... di Mahayana, Buddha diambil sebagai Tuhan, sebagai Realitas Tertinggi itu sendiri yang turun ke bumi dalam bentuk manusia untuk kebaikan umat manusia Konsep Buddha, tidak pernah sebagai pencipta tetapi sebagai Cinta Ilahi bahwa atas dasar kasih (karuna) diwujudkan dirinya dalam bentuk manusia untuk mengangkat penderitaan kemanusiaan. Dia disembah dengan pengabdian yang sungguh-sungguh ... Dia mewakili Absolute ( Paramartha satya), tanpa semua pluralitas ( sarva-prapancanta-vinirmukta) dan tidak memiliki awal, tengah dan akhir ... Buddha ... adalah kekal, abadi ... seperti Dirinya mewakili Dharmakaya . " [33]}}
Menurut sutra tathagatagarbha, Buddha mengajarkan adanya esensi spiritual ini disebut tathagatagarbha atau sifat-Buddha, yang hadir dalam semua makhluk dan fenomena. Dr Alan B. Wallace menulis doktrin ini:
Templat:Kutipan
Dr Wallace lebih lanjut menulis tentang bagaimana primal Buddha, Samantabhadra, yang dalam beberapa kitab suci dipandang sebagai salah satu dengan tathagatagarbha, membentuk landasan yang sangat memancar dari kedua samsara dan nirwana. Memperhatikan perkembangan dalam agama Buddha dari doktrin pikiran-stream (' bhavanga) dengan yang ada pada absolutised tathagatagarbha, komentar Wallace bahwa mungkin terlalu sederhana dalam terang elemen doktrin tersebut untuk mendefinisikan Buddhisme tanpa syarat sebagai "non-teistik":
"Samantabhadra, Buddha primordial yang sifatnya identik dengan tathagatagarbha dalam setiap makhluk hidup, adalah dasar utama samsara dan nirwana, dan seluruh alam semesta terdiri dari tidak lain dari display tak terhingga, bercahaya, kesadaran ini kosong. Dengan demikian, dalam terang perkembangan teoritis dari bhavanga ke' tathagatagarbha dengan kebijaksanaan primordial ruang mutlak realitas, Buddhisme tidak begitu sederhana non-teistik karena dapat muncul pada pandangan pertama."
—Dr. B. Alan Wallace[34]
Di kemudian literatur Mahayana, ide kekal, semua yang menyebar, maha tahu, rapi, Tanah diciptakan dan abadi Menjadi (yang Dharmadhatu, inheren terkait dengan sattvadhatu, alam makhluk) , yang merupakan Pikiran Sadar (bodhicitta') atau Dharmakaya ("tubuh Kebenaran") Buddha sendiri, dikaitkan dengan Buddha di sejumlah Mahayana sutra, dan ditemukan di berbagai tantra sebagai baik. Dalam beberapa teks Mahayana, prinsip seperti itu kadang-kadang disajikan sebagai bermanifestasi dalam bentuk yang lebih personal sebagai buddha primordial, seperti Samantabhadra, Vajradhara, Vairochana, dan [[Adi-Buddha] ], antara lain. Menurut sekolah Buddha berpengaruh kemudian seperti Tientai dan Huayan, The abadi buddha mana-mana di kedua pikiran dan materi, dan mewakili inconnection dari semua aspek alam. Buddha kosmik mewakili hukum-hukum universal yang berasal dari kausalitas, wirth konsekuensi karma moral.[35].[36][37][38][39]
Dalam Mahayana Buddhisme itu diajarkan bahwa ada satu realitas yang fundamental, dalam dimensi tertinggi dan paling murni, dialami sebagai Nirvana. Hal ini juga dikenal, seperti telah kita lihat, sebagai Dharma-Body (dianggap sebagai bentuk akhir dari Menjadi) atau "Suchness" ( Tathata dalam bahasa Sansekerta) bila dilihat sebagai esensi dari segala sesuatu ... "Dharma-tubuh adalah keabadian, kebahagiaan, jati diri dan kemurnian. Hal ini selamanya bebas dari semua kelahiran, usia tua, sakit dan mati.)[40]}}

Lihat pula

Rujukan

<references>1 ^ Bhikku, Thanissaro (1997) (in translated from Pali). Tittha Sutta: Sectarians. "Then in that case, a person is a killer of living beings because of a supreme being's act of creation... When one falls back on lack of cause and lack of condition as being essential, monks, there is no desire, no effort [at the thought], 'This should be done. This shouldn't be done.' When one can't pin down as a truth or reality what should & shouldn't be done, one dwells bewildered & unprotected. One cannot righteously refer to oneself as a contemplative."
2 ^ Thanissaro Bhikku (2004). "Alagaddupama Sutta: The Water-Snake Simile" (in translated from Pali into English). Access To Insight. "Both formerly and now, monks, I declare only stress and the cessation of stress."
3 ^ Thanissaro Bhikku (2004). "Anuradha Sutta: To Anuradha" (in translated from Pali into English). Access To Insight. "Both formerly & now, it is only stress that I describe, and the cessation of stress."
4 ^ Thera, Nyanaponika. "Buddhism and the God-idea". The Vision of the Dhamma. Kandy, Sri Lanka: Buddhist Publication Society. "In Buddhist literature, the belief in a creator god (issara-nimmana-vada) is frequently mentioned and rejected, along with other causes wrongly adduced to explain the origin of the world; as, for instance, world-soul, time, nature, etc. God-belief, however, is placed in the same category as those morally destructive wrong views which deny the kammic results of action, assume a fortuitous origin of man and nature, or teach absolute determinism. These views are said to be altogether pernicious, having definite bad results due to their effect on ethical conduct."
5 ^ Approaching the Dhamma: Buddhist Texts and Practices in South and Southeast Asia by Anne M. Blackburn (editor), Jeffrey Samuels (editor). Pariyatti Publishing: 2003 ISBN-10: 1928706193 pg 129
6 ^ Bhikku Bodhi (2007). "III.1, III.2, III.5". In Access To Insight. The All Embracing Net of Views: Brahmajala Sutta. Kandy, Sri Lanka: Buddhist Publication Society.
7 ^ Thanissaro Bhikku (1997). "Acintita Sutta: Unconjecturable" (in translated from Pali into English). AN 4.77. Access To Insight. "Conjecture about [the origin, etc., of] the world is an unconjecturable that is not to be conjectured about, that would bring madness & vexation to anyone who conjectured about it."
8 ^ Thanissaro Bhikku (1998). "Cula-Malunkyovada Sutta: The Shorter Instructions to Malunkya" (in translated from Pali into English). Access To Insight. "It's just as if a man were wounded with an arrow thickly smeared with poison. His friends & companions, kinsmen & relatives would provide him with a surgeon, and the man would say, 'I won't have this arrow removed until I know whether the man who wounded me was a noble warrior, a priest, a merchant, or a worker.' He would say, 'I won't have this arrow removed until I know the given name & clan name of the man who wounded me... until I know whether he was tall, medium, or short... The man would die and those things would still remain unknown to him. In the same way, if anyone were to say, 'I won't live the holy life under the Blessed One as long as he does not declare to me that 'The cosmos is eternal,'... or that 'After death a Tathagata neither exists nor does not exist,' the man would die and those things would still remain undeclared by the Tathagata."
  1. ^ Bhikku Bodhi (2007). "III.1, III.2, III.5". Di Access To Insight. The All Embracing Net of Views: Brahmajala Sutta. Kandy, Sri Lanka: Buddhist Publication Society.
  2. ^ Thanissaro Bhikku (1997). "Acintita Sutta: Unconjecturable". AN 4.77 (dalam translated from Pali into English). Access To Insight. Conjecture about [the origin, etc., of] the world is an unconjecturable that is not to be conjectured about, that would bring madness & vexation to anyone who conjectured about it.
  3. ^ Thanissaro Bhikku (1998). "Cula-Malunkyovada Sutta: The Shorter Instructions to Malunkya" (dalam translated from Pali into English). Access To Insight. It's just as if a man were wounded with an arrow thickly smeared with poison. His friends & companions, kinsmen & relatives would provide him with a surgeon, and the man would say, 'I won't have this arrow removed until I know whether the man who wounded me was a noble warrior, a priest, a merchant, or a worker.' He would say, 'I won't have this arrow removed until I know the given name & clan name of the man who wounded me... until I know whether he was tall, medium, or short... The man would die and those things would still remain unknown to him. In the same way, if anyone were to say, 'I won't live the holy life under the Blessed One as long as he does not declare to me that 'The cosmos is eternal,'... or that 'After death a Tathagata neither exists nor does not exist,' the man would die and those things would still remain undeclared by the Tathagata.
  4. ^ Bhikku, Thanissaro (1997). Tittha Sutta: Sectarians (dalam translated from Pali). Then in that case, a person is a killer of living beings because of a supreme being's act of creation... When one falls back on lack of cause and lack of condition as being essential, monks, there is no desire, no effort [at the thought], 'This should be done. This shouldn't be done.' When one can't pin down as a truth or reality what should & shouldn't be done, one dwells bewildered & unprotected. One cannot righteously refer to oneself as a contemplative.
  5. ^ Thanissaro Bhikku (2004). "Alagaddupama Sutta: The Water-Snake Simile" (dalam translated from Pali into English). Access To Insight. Both formerly and now, monks, I declare only stress and the cessation of stress.
  6. ^ Thanissaro Bhikku (2004). "Anuradha Sutta: To Anuradha" (dalam translated from Pali into English). Access To Insight. Both formerly & now, it is only stress that I describe, and the cessation of stress.
  7. ^ Dorothy Figen (1988). "Is Buddhism a Religion?". Beginning Insight Meditation and other essays. Kandy, Sri Lanka: Buddhist Publication Society. pp. Bodhi Leaves. So to these young Christians I can say, "Believe in Christ if you wish, but remember, Jesus never claimed divinity either." Yes, believe in a unitary God, too, if you wish, but cease your imploring, pleading for personal dispensations, health, wealth, relief from suffering. Study the Eightfold Path. Seek the insights and enlightenment that come through meditative learnings. And find out how to achieve for yourself what prayer and solicitation of forces beyond you are unable to accomplish.
  8. ^ Dr. B. Alan Wallace, 'Is Buddhism Really Non-Theistic?' Lecture given at the National Conference of the American Academy of Religion, Boston, Mass., Nov. 1999, p. 8.
  9. ^ Nyanaponika Thera (1994). Buddhism and the God-idea. The Vision of the Dhamma (Kandy, Sri Lanka: Buddhist Publication Society). Although belief in God does not exclude a favorable rebirth, it is a variety of eternalism, a false affirmation of permanence rooted in the craving for existence, and as such an obstacle to final deliverance.
  10. ^ Mahasi Sayadaw,Thoughts on the Dhamma, The Wheel Publication No. 298/300, Kandy BPS, 1983, "...when Buddha-dhamma is being disseminated, there should be only one basis of teaching relating to the Middle Way or the Eightfold Path: the practice of morality, concentration, and acquisition of profound knowledge, and the Four Noble Truths."
  11. ^ Buddhists consider an enlightened person, the Dhamma and the community of monks as noble. See Three Jewels.
  12. ^ Thera, Nyanaponika (1994). Devotion in Buddhism. Buddhist Publication Society, Kandy, Sri Lanka. It would be a mistake, however, to conclude that the Buddha disparaged a reverential and devotional attitude of mind when it is the natural outflow of a true understanding and a deep admiration of what is great and noble.
  13. ^ Bhikku, Thanissaro. "The Meaning of the Buddha's Awakening". Access to Insight. Diakses tanggal June 5, 2010.
  14. ^ Dr. Guang Xing, The Concept of the Buddha, RoutledgeCurzon, London, 2005, p. 89
  15. ^ John T Bullitt (2005). "The Thirty-one planes of Existence". Access To Insight. Diakses tanggal May 26, 2010. The suttas describe thirty-one distinct "planes" or "realms" of existence into which beings can be reborn during this long wandering through samsara. These range from the extraordinarily dark, grim, and painful hell realms to the most sublime, refined, and exquisitely blissful heaven realms. Existence in every realm is impermanent; in Buddhist cosmology there is no eternal heaven or hell. Beings are born into a particular realm according to both their past kamma and their kamma at the moment of death. When the kammic force that propelled them to that realm is finally exhausted, they pass away, taking rebirth once again elsewhere according to their kamma. And so the wearisome cycle continues.
  16. ^ Susan Elbaum Jootla (1997). "II. The Buddha Teaches Deities". Di Access To Insight. Teacher of the Devas. Kandy, Sri Lanka: Buddhist Publication Society. Many people worship Maha Brahma as the supreme and eternal creator God, but for the Buddha he is merely a powerful deity still caught within the cycle of repeated existence. In point of fact, "Maha Brahma" is a role or office filled by different individuals at different periods." "His proof included the fact that "many thousands of deities have gone for refuge for life to the recluse Gotama" (MN 95.9). Devas, like humans, develop faith in the Buddha by practicing his teachings." "A second deva concerned with liberation spoke a verse which is partly praise of the Buddha and partly a request for teaching. Using various similes from the animal world, this god showed his admiration and reverence for the Exalted One.", "A discourse called Sakka's Questions (DN 21) took place after he had been a serious disciple of the Buddha for some time. The sutta records a long audience he had with the Blessed One which culminated in his attainment of stream-entry. Their conversation is an excellent example of the Buddha as "teacher of devas," and shows all beings how to work for Nibbana.
  17. ^ Bhikku, Thanissaro (1997). Kevaddha Sutta. Access To Insight. When this was said, the Great Brahma said to the monk, 'I, monk, am Brahma, the Great Brahma, the Conqueror, the Unconquered, the All-Seeing, All-Powerful, the Sovereign Lord, the Maker, Creator, Chief, Appointer and Ruler, Father of All That Have Been and Shall Be... That is why I did not say in their presence that I, too, don't know where the four great elements... cease without remainder. So you have acted wrongly, acted incorrectly, in bypassing the Blessed One in search of an answer to this question elsewhere. Go right back to the Blessed One and, on arrival, ask him this question. However he answers it, you should take it to heart.
  18. ^ http://www.himalayanart.org/pages/Visual_Dharma/yidams.html
  19. ^ http://hhdl.dharmakara.net/hhdlquotes22.html
  20. ^ Dr. Guang Xing, The Concept of the Buddha, RoutledgeCurzon, London, 2005, p. 89
  21. ^ Hattori, Sho-on (2001). A Raft from the Other Shore : Honen and the Way of Pure Land Buddhism. Jodo Shu Press. pp. 25–27. ISBN 4-88363-329-2.
  22. ^ Hayes, Richard P., "Principled Atheism in the Buddhist Scholastic Tradition", Journal of Indian Philosophy, 16:1 (1988:Mar.) pg 9
  23. ^ Hayes, Richard P., "Principled Atheism in the Buddhist Scholastic Tradition", Journal of Indian Philosophy, 16:1 (1988:Mar) pgs 5-6, 8
  24. ^ Hayes, Richard P., "Principled Atheism in the Buddhist Scholastic Tradition", Journal of Indian Philosophy, 16:1 (1988:Mar) pgs 9-10
  25. ^ Dīgha Nikāya 27.9
  26. ^ See Walsh, Maurice. 1995. The Long Discourses of the Buddha: A Translation of the Dīgha Nikāya. Boston: Wisdom Publications, “Aggañña Sutta: On Knowledge of Beginnings,” p. 409.
  27. ^ Samyutta Nikaya (SN 22.87) See footnote #3
  28. ^ Richard Gombrich, How Buddhism began: the Conditioned Genesis of the Early Teachings. Continuum International Publishing Group, 1996, pages 82-83.
  29. ^ Brahmana, Metteyya (2013). Why God Became a Buddha. Anagami Publishing. ISBN 978-0-9887083-1-0.
  30. ^ Gethin, Rupert. "Cosmology and meditation: from the Agganna Sutta to the Mahayana" in Williams, Paul. Buddhism, Vol. II. Routledge 2004. ISBN 0-415-33228-1 pgs 104, 126 [1]
  31. ^ Brahmana, Metteyya. Book Review: What the Buddha Thought, by Richard Gombrich [2]
  32. ^ Gethin, Rupert. "Cosmology and meditation: from the Agganna Sutta to the Mahayana" in Williams, Paul. Buddhism, Vol. II. Routledge 2004. ISBN 0-415-33228-1 pgs 104, 126 [3]
  33. ^ Professor C. D. Sebastian, Metaphysics and Mysticism in Mahayana Buddhism: An Analytical Study of the Ratnagotravibhago-mahayanaottaratantra-sastram, Bibliotheca Indo-Buddhica Series 238, Sri Satguru Publications, Delhi, 2005, pp. 64-66.
  34. ^ |Dr. B. Alan Wallace,"Is Buddhism Really Non-Theistic?" Lecture given at the National Conference of the American Academy of Religion, Boston, Mass., Nov. 1999, p. 8.
  35. ^ Dr. James H. Sanford, 'Breath of Life: The Esoteric Nembutsu' in Tantric Buddhism in East Asia, ed. by Dr. Richard K. Payne, Wisdom Publications, Boston, 2006, p. 176
  36. ^ http://hhdl.dharmakara.net/hhdlquotes22.html
  37. ^ Dr. Guang Xing, The Concept of the Buddha, RoutledgeCurzon, London, 2005, p. 89
  38. ^ Clarke, D.S. Panpsychism: past and recent selected readings, pg 39.
  39. ^ Dumoulin 2005-A, hlm. 47.
  40. ^ Paraskevopoulos, Call of the Infinite: The Way of Shin Buddhism, California, 2009, p. 22

Pranala luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar